www.Hypersmash.com

Rabu, 01 Februari 2012

Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Kali ini saya akan berbagi satu permainan yang bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris. Gunanya? Untuk memberi sedikit hiburan dan motivasi kepada siswa. Karena biasanya anak-anak identik dengan hal bermain. Apalagi anda yang mengajar di sekolah dasar, mungkin sedikit berguna. Langsung saja, nama permainan ini adalah "what's missing". Bagaimana langkah-langkahnya?
Permainan ini dapat digunakan untuk menghapalkan kosakata yang baru saja dipelajari/disebutkan dalam cerita namun tidak dengan „menghapal tradisional‟. Caranya adalah dengan menggunakan gambar yang ditempelkan pada papan tulis. Jumlah gambarnya bisa disesuaikan dengan jumlah siswa tapi sebaiknya batasi sampai dengan 10 gambar. Mintalah anak-anak untuk melihat gambar-gambar tersebut dan berusaha mengingatnya kemudian minta mereka menutup mata sementara itu ambillah beberapa gambar di papan. Kemudian minta mereka untuk membuka mata kembali dan menyebutkan apa yang hilang. Tanyakan “What‟s missing?” pada salah satu anakkemudian ajukan pertanyaan lanjutan dengan “Is he or she right?” Apabila jumlah siswa dalam kelas banyak maka mereka bisa dibagi dalam dua kelompok dan lakukan prosedur seperti di atas secara bergantian oleh tim-tim tersebut. Setiap kali seorang anak dari sebuah tim menjawab dengan benar maka tim tersebut mendapat poin.
Lakukan sampai ada tim yang kalah. Dan tentu saja tim yang kalah mendapat hukuman, sebagai hiburan untuk teman-temannya.
Itu saja dulu yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfat. :)

2 comments:

Anonim mengatakan...

tips yg menarik pak guru. oya kalau bisa ditambah permainan yg bisa dipakai untuk mengajar dan juga bahan ajar. saya guru baru mengajar bahasa inggris di sd. salam kenal.

Indra Saputra mengatakan...

ok terima kasih atas kunjungannya. Nanti akan saya tambah. silahkan kunjungi kembali :)

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | blogger mura
Ping Blog Ping your blog HyperSmash