www.Hypersmash.com

Senin, 16 Februari 2009

Membuat situs forum mudah kuq

Banyak orang bilang kalau membuat sebuah situs memerlukan sebuah keahlian khusus.memang,tapi tidak untuk saat ini!dulu,seorang web designer atau web master dituntut mengerti bahasa pemrograman web macam php,html atau manajemen database kaya mySql bahkan oracle sekalipun.bagi orang awam tentang web designer seperti saya tentunya kesannya ‘ngeri bgt’ melihat setumpuk script atau source code pembuatan web tersebut.basic saya memang elektro telekomunikasi jadi masalah seperti ini memang sepertinya nggak gue bgt.

Nah,bukan berarti kita yang memang tidak bergelut mendalam di bidang web tidak bisa membuat sebuah web yang atraktif.boleh dibilang bejibun situs saat ini menawarkan jasa pembuatan web.dan gratis tentunya!kebetulan saya kemarin sempet mencicipi rasa situs bikinan saya sendiri.gak ada salahnya kalo saya coba share pengalaman ini ke rekan pembaca.

Kali ini saya akan membuat forum site atau web forum.sedianya situs kecil-kecilan ini akan saya peruntukkan buat situs forum kelas saya,Elektro 29-02.untuk ini saya memakai www.freeforums.org .oya,pembahasan saya ini coba saya persempit hanya untuk web forum aja.untuk yang web blog atau pure web mudah-mudahan bisa saya bahas lain kali.OK,kembali lagi ke jalan yang lurus ;) .sebenernya banyak sekali situs yang menawarkan pembuatan web forum gratisan ini.selain freeforums.org kita juga bisa menemukan situs lain diantaranya makeforum.org , lefora.com , aimoo.com , getphpbb.com .berikut walkthroughnya :

1.setelah anda masuk di freeforums.org anda akan diminta untuk sign up dahulu!setelahnya anda akan mempunyai sebuah account dan proses pembuatan situspun dimulai.
2.ada sedikit penawaran iklan,lewati aja dengan mencentang “no” box.
3.setelah signup selesai,anda akan diminta untuk mengaktivasi account anda by email.so,buka inbox email anda dan klik link aktivasinya.langsung di-redirect kok.gampang kan.
4.setelah halaman forum yang kita buat muncul,login aja dengan memasukkan nama account dan password yang telah anda buat tadi.
5.trarangg..forum kitapun udah jadi.sabar,ini cuma kerangka dasarnya saja.untuk membuatnya lebih sesuai dengan keinginan kita,masuk ke administration panel.ada di paling bawah bagian web forum anda.
6.Sebenernya kunci dari freeforums.org ini ada di administration panelnya.dari sini kita bebas menentukan mau seperti apa format forum kita,mengganti logonya,membuat deskripsinya,nsert gambar,mengatur format thread dan posting.pokoknya semua hal yang berhubungan dengan administration dan maintenance sebuah situs.termasuk memfilter pengunjung situs kita dan melihat traffic dan bandwidthnya.
7.Semua tahapan selesai.andapun sekarang menjadi seorang admin bagi situs forum yang anda kelola sendiri.

Karena ini situs garatisan jadi URL yang anda dapatkanpun akan menjadi subdomain dari freeforums.org sehingga anda akan mempunyai alamat di: www.forumanda.freeforums.org .bagi saya ini akan terlihat kurang sempurna.bakal lebih baik kalau kita mempunyai alamat situs kita sendiri.jangan khawatir,sekarang juga udah tak terhitung berapa banyak service provider yang menawarkan domain gratisan.salah satunya adalah www.freedomain.co.nr .masuki situsnya,ikuti prosedurnya dan anda akan mendapatkan alamat situs anda sendiri,contoh : www.forumanda.co.nr .Mudah kan?Selamat mencoba! ;)

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | blogger mura
Ping Blog Ping your blog HyperSmash