www.Hypersmash.com

Selasa, 21 April 2009

Gara- gara virus

Laptop saya kena virus huaa…. Mau tau gmn ceritanya ?

Begini, kemarin saya kan sakit seharian, tepatnya sejak sabtu dah tepar. Mungkin masuk angin (padahal ga meriang) gejalanya sih pusing berat. Nah akhirnya kemarin baru sempet buka internet agak lama (biasanya ngenet seharian). Tiba-tiba saja taskbar windows laptop saya jadi berubah jadi model klasik lalu berubah lagi jadi yang XP dalam beberapa detik. Lalu tiba-tiba koneksi internet ga jalan, di disconnect juga ga bisa. Lalu muncul pesan bahwa Windows memproteksi file window32.

Firasat sih kena virus. Lalu saya restart laptop, lalu coba connect lagi dan bisa. Namun tak lama kemudian gejala yang sama muncul dan koneksi internet jadi ga jalan. Lalu saya restart lagi, dan berulang lagi… akhirnya saya matikan tuh laptop dengan harapan besok pasti di install ulang (konsekuensinya sih ilang semua datanya)

Lalu setelah ngobrol dengan temen, katanya sih kena virus yang namanya Tenga.a. Virus lama sih, saya juga bingung kena darimana wong selama ini ga aneh-aneh. Katanya virus ini merusak semua file berekstensi .exe ga perduli di hardisk manapun. Katanya virus ini ganas, kalo pake Antivirus yang ada file yang terinfeksi malah dihapus, ga bisa direpair. Sedangkan yang namanya file Windows kan ga bole di hapus, amannya sih di repair.

Dan sialnya, di partisi saya yang kedua (D) itu ada folder khusus nyimpen software2 bagus yang semuanya berekstensi .exe. Mau tidak mau ku ikhlaskan semuanya untuk diformat. Cuma sempet ngebackup beberapa lagu dan video (yang katanya sih aman).

Siang ini sudah kulaksanakan tugas mulia memformat dan menginstall ulang. Seharian dari jam 10 siang ampe jam setengah 5 sore baru kelar. Itupun masih banyak yang belum diinstal. NOD32 kupercaya menjaga laptop (yang sebelumnya pake AVG free edition) dan SUPERAntiSpyware untuk menjaga dari spyware. Setelah keduanya saya update, kuscan laptop ini biar bersih.

Setelah selesai, kucoba lagi konek ke internet, namun yang menyedihkan, hal yang sama terulang lagi :(. Sempet frustasi dan tanya-tanya temen. Katanya sih kesalahan waktu instal ulang. Namun anehnya setelah saya restart, kok virusnya nda muncul lagi ya ? apa udah mati kena NOD32? Aneh, padahal waktu di scan tidak ada virus apapun yang terdeteksi. Semoga virusnya hilang dan ga perlu install ulang :(

Yang bikin virus emang kurang kerjaan dan nyusahin aja. Apa ga kasian liat data2 penting dirusak.



0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | blogger mura
Ping Blog Ping your blog HyperSmash