www.Hypersmash.com

Kamis, 22 Desember 2011

Ketrampilan Membuka Pelajaran


Ketrampilan Membuka Pelajaran

A.      Pendahuluan
Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dari beberapa kemampuan keterampilan mengajar adalah kemampuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
Membuka pelajaran merupakan awal dilaksanakannya proses pembelajaran,
jika hal ini dilakukan dengan baik dan benar akan membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan proses kegiatan yang berikutnya. Untuk mengetahui apakah proses tersebut dilakukan dengan baik dan benar, maka ada salah satu keterampilan yang harus dilakukan oleh guru yaitu kemampuan keterampilan menutup pelajaran. Oleh karena itu, kedua keterampilan ini merupakan salah satu keterampilan dari delapan kemampuan keterampilan mengajar yang dipadukan menjadi satu kemampuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran.
Proses pembelajaran adalah proses yang dilakukan oleh guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar. Kedua komponen ini tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Mengajar adalah perbuatan yang kompleks yang melibatkan siswa dengan menggunakan beberapa keterampilan mengajar secara integratif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Tujuan ini sudah tentu melalui proses di antaranya materi apa yang harus diberikan, metode dan media apa yang digunakan, dan bentuk evaluasi apa yang dapat diterapkan. Kesemuanya ini merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan guru sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan yang penjabarannya harus dilandasi oleh sejumlah pengetahuan teoritis yang mengarah kepada wawasan tertentu, agar guru dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Walaupun pelaksanaan di lapangan terjadi secara unik dan terus menerus dipengaruhi oleh komponen lain, baik guru, siswa, dan lingkungan lainnya. Yang tidak kalah pentingnya adalah guru sebagai sutradara dan sekaligus aktor. Artinya, pada gurulah tugas dan tanggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah.
Kenyataan menunjukkan bahwa proses pembelajaran adalah suatu yang kompleks dan rumit sehingga guru sulit memisahkan, merefleksi, dan menyadari tingkah lakunya. Atau bisa juga karena memiliki kemampuan keterampilan yang terbatas untuk mengendalikannya, menganalisis tingkah lakunya. Dengan kenyataan tersebut, maka penelitian kelas ini didasarkan pada permasalahan sejauh manakah kemampuan keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran secara efektif dan efisien untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitqeWs-MSP2HvYIcDQQIcJBdnpflHHYX3FYC0FRjPBvd_9AnFhA962Zqt9OqYDkRXnLaRBMIshIl8pJ0DhgSsZG7MGMFbHWszCgqBUwHWZSUF1F_5v1-WEKWpHBcew4QHCjHPP2p1KMMe5/s320/Gambar+Keterampilan+Membuka+dan+Menutup+Pelajaran.JPG

B. Membuka Pelajaran
Kalimat-kalimat awal yang diucapkan guru merupakan penentu keberhasilan jalannya seluruh pelajaran. Tercapainya tujuan pengajaran bergantung pada metode mengajar guru di awal pelajaran. Seluruh rencana dan persiapan sebelum mengajar dapat menjadi tidak berguna jika guru gagal dalam memperkenalkan pelajaran. Dalam tahap ini, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menetapkan sikap dan minat yang benar di antara anggota kelas.
1. Pengertian Membuka Pelajaran
a.    Adalah suatu usaha atau kegiatan guru dalam setting belajar mengajar untuk menciptakan pra kondisi murid agar dapat digiring atau terlibat (involve) dengan kondisi kegiatan mendatang.
b.    Atau guru menciptakan kondisi murid agar perhatiannya terpusat pada apa yang akan dipelajari sehingga usaha tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap kegiatan belajar.
c.     Kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan untuk menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada pelajaran.

2. Tujuan Membuka Pelajaran
a. Menyiapkan mental dan memusatkan perhatian siswa terhadap apa yang akan dipelajari.
b. Menimbulkan minat tertentu kepada pelajaran yang akan diberikan.
c. Siswa tahu batas-batas tugas yang akan dikerjakan.
d. Siswa mengetahui hubungan antara pegalaman yang telah dikuasai dengan hal-hal baru yang akan dipelajari / belum dikenal.
e. Siswa mengetahui tingkat keberhasilannya dalam mempelajari pelajaran, sedangkan guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan mengajarnya.

3. Langkah-langkah Membuka Pelajaran
a. Menarik perhatian siswa dengan cara :
1) Variasi gaya mengajar guru
2) Mempergunakan bermacam media pengajaran
3) Variasi pola interaksi, misalnya :
­ Guru menerangkan dan mengajukan pertanyaan, siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan.
­ Guru berdemontrasi, siswa mengamati.
­ Guru memberikan tugas dan diskusi kemudian mengawasinya.
b. Menimbulkan motivasi
1) Ramah, antusias, bersemangat dan hangat.
2) Rasa ingin tahu, ide yang berbeda dan sebagainya.
3) Sesuai minat siswa.
Ada banyak hal yang masih memikat perhatian murid di luar ruangan kelasnya. Hal tersebut dapat membuat murid tidak memerhatikan pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat menetapkan titik hubungan antara murid dan pelajaran yang disampaikan.
Pembukaan pelajaran harus sesuai dengan minat dan kebutuhan murid. Guru juga harus dapat membangkitkan minat belajar sampai murid dapat memusatkan perhatian mereka kepada pelajaran. Pembukaan pelajaran dengan metode yang terbaik pun tidak akan ada manfaatnya jika tidak mampu membawa murid untuk memusatkan perhatian mereka kepada pelajaran.
Berikut ini beberapa cara yang dapat membangkitkan minat dan perhatian murid saat guru mulai mengajarkan pelajarannya.
a. Berita-berita terkini.
Berita terkini yang sedang marak dibicarakan atau sedang menjadi perhatian dalam masyarakat dapat dipakai untuk mendapatkan minat murid. Murid-murid kelas besar biasanya membaca surat kabar, majalah, mendengarkan radio, dan menonton televisi. Mereka mempunyai perhatian pada banyak hal. Guru bisa mendapatkan berita-berita terkini melalui media-media tersebut. Untuk murid-murid kelas kecil, mereka biasa menanggapi kejadian-kejadian yang berkaitan dengan sekolah atau permainan mereka.
Guru yang sangat mengetahui aktivitas murid-muridnya sepanjang minggu itu pasti tidak akan menemukan kesulitan dalam hal ini. Adapun informasi tersebut dapat berupa kegiatan murid sepanjang minggu yang bisa diperoleh dengan menanyakannya pada murid.
b. Cerita-cerita dan lukisan
Sebuah cerita yang diceritakan dengan metode yang baik akan membangkitkan dan mempertahankan minat murid terhadap pelajaran yang sedang disampaikan. Sebuah gambar atau benda bisa sangat menarik perhatian anak. Lukisan dari kehidupan sehari-hari merupakan pilihan yang baik untuk menarik minat dan menanamkan sebuah kebenaran kepada mereka.
c. Laporan tentang tugas-tugas.
Umumnya, manusia lebih tertarik dengan aktivitasnya sendiri. Oleh karena itu, usahakan untuk membahas pekerjaan rumah murid di awal pelajaran. Kegiatan tersebut bisa menambah semangat murid untuk memulai pelajaran.
Selain itu, dengan membahas tugas-tugas yang sudah murid kerjakan di rumah, perhatian kelas dapat diarahkan kepada makna dan pentingnya belajar sendiri. Jangan lupa untuk menyatakan penghargaan atas usaha murid-murid yang telah belajar di rumah.
d. Persoalan yang diandaikan.
Persoalan atau pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dalam pelajaran hendaknya merupakan hal-hal yang biasa terjadi dalam kehidupan murid. Persoalan harus disesuaikan sedemikian rupa sehingga mengarah pada pelajaran yang akan disampaikan.
e. Pemakaian alat peraga.
Sebuah gambar, benda, atau alat peraga yang lain dapat digunakan secara efektif untuk menumbuhkan minat murid terhadap pelajaran.
c. Memberi acuan
1) Mengemukakan tujuan dan batas pelajaran.
2) Menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
3) Mengajukan pertanyaan.
4) Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
d. Membuat kaitan antara bahan lama dengan bahan yang akan diajukan.
1) Membuat kaitan dengan antar aspek yang relevan.
2) Membandingkan/mempertentangkan pengetahuan lama dengan yang akan disajikan (appersepsi).
e. Menjelaskan konsep atau pengertian terlebih dahulu sebelum bahan pelajaran diberikan secara rinci.
4. Hubungan dengan Kelas
5. Menghubungkan Pelajaran
Saran-saran berikut ini merupakan cara-cara yang efektif untuk mengenalkan sebuah pelajaran.
a. Hubungkan pelajaran dengan pelajaran-pelajaran sebelumnya.
Setiap pelajaran baru yang diajarkan merupakan bagian dari kurikulum yang sudah ditetapkan. Pelajaran itu harus dihubungkan dengan pelajaran-pelajaran lain agar menarik perhatian murid dan menajamkan pengertian mereka terhadap rangkaian pelajaran tersebut.
Pelajaran dalam pertemuan sebelumnya harus diulang untuk dihubungkan dengan pelajaran yang baru. Hal ini juga dapat menolong murid untuk mengetahui hubungan antara pelajaran- pelajaran yang telah disampaikan.
Metode untuk menghubungkan pelajaran yang sekarang dengan pelajaran sebelumnya harus divariasikan. Seorang guru tidak akan kehilangan waktu mengajarnya bila mengulang pelajaran sebelumnya. Jika seorang guru mempunyai waktu 35 menit untuk mengajar, gunakan waktu lima menit pertama untuk menetapkan titik hubungan.
b. Umumkan pokok pelajaran secara wajar.
Tidak perlu mengumumkan pokok pelajaran secara resmi. Yang penting adalah bagaimana kita dapat menyajikannya dengan lebih menarik, tetapi penuh dengan keterangan. Penyampaian pokok pelajaran harus menarik minat murid seperti halnya penyampaian pokok berita dalam sebuah surat kabar.
c. Nyatakan sasaran dan tujuan pelajaran.
Banyak pendapat mengenai penyampaian sasaran dan tujuan pelajaran kepada murid. Ada yang berpendapat, sebaiknya hal tersebut disampaikan di akhir pelajaran. Ada juga yang berpendapat untuk menyampaikannya di awal pelajaran.
Menyampaikan pokok pikiran atau garis besar pelajaran untuk menarik perhatian sangatlah penting. Penyampaian ini seperti halnya penyampaian tajuk rencana dalam sebuah surat kabar yang dapat menarik minat para pembaca untuk melihat lebih lanjut tulisan-tulisan dalam surat kabar tersebut. Garis besar pelajaran bisa disampaikan dengan lengkap atau hanya ringkasannya saja.

C.      Kesimpulan
Membuka pelajaran merupakan awal dilaksanakannya proses pembelajaran, jika hal ini dilakukan dengan baik dan benar akan membawa dampak yang positif terhadap keberhasilan proses kegiatan yang berikutnya.
Banyak pendapat mengenai penyampaian sasaran dan tujuan pelajaran kepada murid. Ada yang berpendapat, sebaiknya hal tersebut disampaikan di akhir pelajaran. Ada juga yang berpendapat untuk menyampaikannya di awal pelajaran.
Menyampaikan pokok pikiran atau garis besar pelajaran untuk menarik perhatian sangatlah penting.
Sumber:
·      Teknik Mengajar, Clarence H. Benson, , halaman 80–85, Gandum Mas, Malang, 1980.


3 comments:

Anonim mengatakan...

barokallah, blog ny sgt brmnfaat. .
syukron. .

Indra Saputra mengatakan...

Alhamdulillah. semoga selalu bisa berbagi.

Bahasa Inggris Anak mengatakan...

bagus artikelnya

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | blogger mura
Ping Blog Ping your blog HyperSmash