www.Hypersmash.com

Kamis, 18 Juni 2009

Belajar Bahasa Inggris 6

Pelajaran 23-NEGATIVE SENTENCE
Kalimat negatif dalam kalimat Verbal (kalimat yang mempunyai kata kerja)


Contoh kalimat verbal :
• I-buy-an umbrella
• She-paints-the wall
Untuk membuat kalimat negatif dalam kalimat verbal, diperlukan kata kerja bantu (Auxilliary verb) sebagai berikut:
• DO>>>>> mengikuti They-We-I-You
• DOES>>> mengikuti He-she-it
Dengan menambahkan NOT setelah DO-DOES maka terbentuklah sebuah kalimat negatif
• DO-NOT
• DOES-NOT
Contoh kalimat di atas menjadi :
• I-do not-buy-an umbrella
• She-does not-paint-the wall
Ketika Subyek adalah orang ke-3 tunggal (dalam contoh SHE), maka kata kerja (dalam contoh PAINTS>>>>menjadi PAINT)

Bagi yang suka berpikir, coba pikirkan hal berikut :


• Bagaimana dan mengapa kok tiba-tiba muncul DO-DOES dalam kalimat negatif?
• Mengapa DO-DOES tidak muncul dalam kalimat positif?
• Mengapa dalam kalimat yang menggunakan subyek orang ke-3 tunggal (he-she) harus menggunakan tambahan S/ES dan harus hilang ketika DOES muncul dalam kalimat negatif?
Ketiga pertanyaan ini akan menjawab pertanyaan banyak siswa Bahasa Inggris tentang mengapa harus ditambahkan S/ES dalam kalimat yang menggunakan Subyek orang ke-3 tunggal.

Selamat berlatih dan belajar....


Pelajaran 24-Berlatih menggunakan kalimat dalam paragraf
Anda bisa mulai menggunakan kalimat positif dan negatif seprti contoh di bawah ini. Saya akan membuat sebuah paragraf berisi kalimat negatif dan positif.

Saya bangun-saya tidak mandi-saya pergi-saya tidak mengendarai motor-saya berjalan-Ayu memanggil-saya berteriak-dia tidak dengar-saya berjalan-kami bertemu-kami tidak bicara-kami makan pagi-kami pulang-saya membaca-seseorang datang-saya membuka pintu-dia seorang wiraniaga-dia menjual sebuah tas-saya tidak ingin itu-dia keluar-saya menutup pintu-saya menonton tv-saya tidak mandi.

I wake up-I do not take a bath-I go-I do not ride the motorcycle-I walk-Ayu calls-I shout-She does not hear-I walk-We meet-We do not talk-We have breakfast-We go home-I read-Somebody comes-I open the door-He is a salesman-He sells a bag-I do not want it-He walks out-I shut the door-I watch the television-I do not take a bath.

Cobalah membuat beberapa paragraf seperti di atas atau lakukan menggunakan 2-3 kalimat sederhana dalam kegiatan sehari-hari . Memang belum bahasa Inggris yang sempurna, tapi setidaknya anda bisa melatih apa yang anda punya. Semuanya akan bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Jangan berhenti teruslah belajar .....


Pelajaran 25 Interrogative sentence (kalimat tanya)
Kalimat tanya dalam kalimat nominal (kalimat tanpa kata kerja)

Dalam bentuk nominal (tanpa kata kerja) kalimat tanya dibentuk dengan cara sbb:

Letakkan to be ( am, is, are ) di depan subyek.

Contoh :
• She is a police woman (+)
• Is She a police woman ? (?)>>>>Apakah dia seorang polisi wanita?
• They are watchmen (+)
• Are they watchmen? (?)>>>>>Apakah mereka pengawas?
• Anton is a debt collector (+)
• Is anton a debt collector? (?)>>>>>Apakah Anton seorang penagih hutang?
• This is a computer
• Is this a computer? (?) >>>>> Apakah ini sebuah computer?
Kalimat tanya di atas adalah pertanyaan-pertanyaan tertutup dengan dua jawabab yaitu YES / NO
Untuk contoh 1 Jawabannya adalah YES SHE IS atau NO SHE IS NOT
Untuk contoh 2 Jawabannya adalah YES THEY ARE atau NO THEY ARE NOT
Untuk contoh 3 jawabannya adalah YES ANTON (he) IS atau NO ANTON (HE) IS NOT
Untuk contoh 4 jawabannya adalah YES IT IS atau NO IT IS NOT

Gunakan kalimat tanya ini apabila anda ingin mendapatkan kepastian tentang sesuatu. Jika anda tersesat di Washington dan Bahasa Inggris anda masih berpaham minimalis, maka anda bisa terselamatkan dengan bertanya ARE YOU THE PRESIDENT?




0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini :)

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | blogger mura
Ping Blog Ping your blog HyperSmash